Belajar dengan sepenuh hati demi kemajuan kita bersama

planet

Jumat, 31 Maret 2017

pengertian lingkungan

LINGKUNGAN



Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia. keberadaan lingkungan sangat berarti bagi kehidupan manusia, berikut merupakan fungsi lingkungan  : 
1.      Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan
a)      Nelayan memperoleh nafkah dari laut.
b)      Petani memperoleh sumber penghidupannya dari lahan pertanian.
c)    Pengusaha memperoleh sumber penghidupan nafkah dari proses produksi, yaitu mengelola bahan-bahan dari lingkungannya.
            

2.      Lingkungan sebagai Tempat berinteraksi sosial
Berbagai aktivitas manusia dilingkungannya menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial yang baik manusia dapat mencapai kesejahteraan hidupnya.
       

3.      Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
Kalian tentu bisa membayangkan bagaimana jika suasana lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sampah yang bau. Tambahan lagi bising, penuh asap pabrik maupun kendaraan, air yang keruh, dan listrik yang padam. Tentu sangat tidak nyaman tinggal di kawasan seperti itu bukan?
Tumbuhan dan hewan pun tidak mampu mempertahankan hidupnya jika keadaan lingkungannya berubah. Ikan tidak dapat bertahan hidup di darat dan kambing tak dapat hidup di air. Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai tempat tinggal.

    berbeda 

dari gambar di atas terlihat perbedaan antara lingkungan yang kotor dengan lingkungan yang bersih, coba perhatikan video di bawah ini







Tidak ada komentar:

Posting Komentar